Cara Melindungi Situs Warisan Dunia


Ada banyak situs dan tempat bersejarah di dunia yang memberi kita wawasan dan bukti dari peradaban masa lalu. Situs-situs ini membantu kita belajar tentang leluhur kita, kehidupan dan budaya mereka. Situs-situs ini dapat disebut warisan umum atau universal umat manusia dan Warisan Dunia kita.

Situs Warisan Dunia:

Setiap situs, bangunan, monumen, kota fisik, makna alam atau budaya yang dapat disebut warisan umum dari semua manusia di bumi adalah Warisan Dunia. Karena tempat-tempat ini milik semua manusia, masa lalu, sekarang dan generasi masa depan sama sehingga mereka harus dilestarikan dan dilindungi.

Pentingnya situs-situs ini:

Mereka dapat disebut warisan, untuk semua manusia, dari peradaban masa lalu. Kita harus hidup di dalamnya hari ini dan juga meneruskannya ke generasi mendatang. Situs-situs ini mengajarkan kita tentang masa lalu kita. Mereka mewakili pencapaian besar nenek moyang kita dan membuat kita bangga.

Warisan dunia adalah warisan universal, dan memiliki makna agama, budaya dan ekonomi. Mereka memiliki nilai dan kepentingan luar biasa bagi umat manusia dari sudut pandang sejarah, sains dan seni dan harus diperhatikan.

Perlu Melindungi:

Banyak situs UNESCO yang berdiri saat ini menghadapi ancaman, baik manusia maupun alam. Ada daftar tiga puluh situs oleh UNESCO yang terancam punah. Beberapa situs menghadapi kerusakan, korosi atau kerusakan karena manusia dibuat serta penyebab alami.

Ada banyak faktor eksternal yang bertanggung jawab atas kerusakan warisan dunia. Beberapa faktor eksternal adalah perubahan iklim, senjata nuklir, konflik bersenjata, bencana alam, pembangunan berlebihan / urbanisasi dan pariwisata yang tidak terkendali, dll.

Dengan semakin kuatnya faktor-faktor eksternal ini, menjadi semakin penting untuk mengambil langkah-langkah yang tepat untuk menyelamatkan dan melestarikan pencapaian umat manusia yang tak lekang oleh waktu.

Melindungi Situs Warisan Dunia:

Pentingnya hal ini tidak dapat ditolak. Bukan hanya tugas pemerintah atau penduduk lokal untuk menjaga situs-situs ini tetapi itu adalah tanggung jawab setiap manusia. Kita harus memainkan bagian kita melalui beberapa cara dalam melindungi situs-situs ini.

1. Bergabung dengan Komunitas:

Ada banyak komunitas dan organisasi di dunia yang bekerja untuk melestarikan dan melindungi situs-situs ini. Kami dapat bekerja dengan organisasi-organisasi ini, agen perjalanan, kelompok pemerintah dan komunitas lokal.

Komunitas Penting untuk melindungi warisan dunia termasuk UNESCO dan Aliansi Warisan Dunia untuk Pariwisata Berkelanjutan. Kita harus bergabung dengan komunitas-komunitas ini untuk mendukung perjuangan mereka. Kami juga dapat menyumbang ke berbagai dana komunitas yang akan membantu mereka melindungi situs warisan dunia.

2. Pariwisata Berkelanjutan:

Cara lain untuk memainkan bagian kita adalah dengan menjamin tanggung jawab perjalanan. Pariwisata dapat menghasilkan dana untuk restorasi situs UNESCO tetapi pada saat yang sama pariwisata yang tidak terkendali dapat merusak mereka dengan serius. Kita tidak boleh mengotori tempat-tempat ini dan mengunjungi situs warisan dunia dengan cara yang bertanggung jawab dan berkelanjutan.

3. Tingkatkan Kesadaran:

Kita harus mengomunikasikan pentingnya menyimpan dan melindungi situs warisan. Kami harus menyampaikan informasi yang kami miliki dan bergandeng tangan untuk meminimalkan efek dari berbagai kekuatan eksternal di situs warisan dunia.

4. Upaya Pribadi:

Penduduk setempat adalah penatalayan pertama dan terbaik dari situs-situs ini. Mereka harus merespon secara bertanggung jawab dan efisien terhadap pelestarian situs warisan dunia di wilayah mereka.

Daftar situs yang terancam punah meningkatkan kesadaran di antara orang-orang. Jika sebuah situs menghadapi bahaya kehancuran atau kemunduran maka masyarakat setempat harus meningkatkan kesadaran tentang hal itu dengan menarik perhatian individu, kelompok dan komunitas yang berbeda terhadapnya.

Kesimpulan:

Apa pun jangkauan kami, kami harus membantu melindungi situs-situs ini melalui beberapa cara seperti kontribusi keuangan, meningkatkan kesadaran, mengadvokasi pentingnya situs UNESCO atau menarik perhatian lembaga-lembaga pemerintah. Setiap langkah kami akan diperhitungkan dan membantu dalam melindungi situs warisan dunia.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *