Destinasi Wisata Sejarah Menarik di Kota Semarang


Wisata Sejarah Semarang

Sebagai salah satu tujuan tempat wisata di Jawa Tengah, Kota Semarang memang menyimpan banyak sekali lokasi wisata yang seru dan menyenangkan. Banyak tempat wisata di Semarang yang tak pernah sepi dengan pengunjung. Mereka yang datang berkunjung ke kota ini sendiri tak hanya berasal dari kawasan sekitar Semarang saja. Tak sedikit dari mereka yang datang ke Semarang merupakan wisatawan yang datang dari luar negeri. Kota Semarang memang merupakan salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi turis asing di Indonesia. Mereka datang ke kota ini, untuk menikmati keindahan wisata yang ada di kota ini. Memang ada banyak sekali ragam jenis destinasi wisata di Semarang yang bisa kita kunjungi, sebagai destinasi liburan yang menyenangkan.
Kali ini kita akan membahas mengenai salah satu jenis wisata yang bisa kita lakukan di Kota Semarang . kita kali ini akan membicarakan mengenai beberapa destinasi wisata sejarah di Semarang. Lokasi wisata yang tak hanya bisa kita jadikan lokasi berlibur yang menyenangkan namun juga bisa menjadi tempat belajar dan menambah ilmu. Ada beberapa lokasi yang bisa kita kunjungi, seperti:

Kota Lama Semarang

Wisata Sejarah Semarang
Kota Lama Semarang

Kawasan Kota Lama Semarang merupakan salah satu kawasan yang bisa dikatakan cukup unik dan menarik. Kawasan kota lama ini sendiri hampir mirip dengan kawasan wisata Kota Tua Jakarta yang juga terkenal. Kawasan kota lama ini merupakan salah satu tonggak sejarah yang berada di Semarang. Hal ini dikarenakan kawasan ini merupakan tempat yang cukup ramai dan terkenal pada jaman penjajahan Belanda dulu.
Jika kita perhatikan secara seksama maka akan kita temukan beragam bangunan tua yang memiliki konsep arsitekstur eropa kuno. Bangunan tersebut adalah sisa peninggalan dari jaman kolonialisme dulu. Sebagaimana yang kita tahu bahwa Semarang merupakan salah satu kota pelabuhan dan kota pemerintahan penting pada masa kolonialisme Belanda.
Kita bisa berkunjung ke lokasi ini sembari kembali memutar wawasan kita mengenai wisata sejarah di Semarang. Berwisata sembari belajar sejarah, kegiatan yang bisa mengasah otak dan menambah wawasan. Selain itu di sekitar kawasan kota lama ini juga banyak terdapat cafe serta tempat makan yang akan ramai oleh para wisatawan. Tak ada salahnya kita mengunjungi salah satu tempat tersebut untuk bersantap setelah berjalan mempelajari sejarah kota Semarang.

Museum Kereta Api Ambarawa

Wisata Sejarah Semarang
Museum Kereta Api Ambarawa

Tempat wisata sejarah di Semarang yang satu ini awalnya adalah sebuah stasiun kereta api yang ada di Ambarawa. Namun, kini telah di alih fungsikan menjadi sebuah museum perkereta apian. Museum ini sendiri menyimpan banyak sekali lokomotif-lokomotif kereta api tua yang sangat terkenal pada masanya.
Ditempat ini pula terdapat sebuah lokomotif tua yang hanya tinggal tiga di dunia. Lokomotif tua yang ada di tempat ini sendiri masih bisa berfungsi dengan baik. Tapi kini fungsinya lebih ke bidang pariwisata. Wisatawan akan di ajak berkeliling dengan menaiki kereta api tua ini. Tentunya akan menjadi sensasi yang tak akan terlupakan. Jika kita datang ke museum ini, maka kita bisa berfoto ria diantara lokomotif-lokomotif tua yang menjadi koleksi.

Selain itu kita bisa juga menikmati keindahan alam di daerah Ambarawa dengan menaiki salah satu rute wisata yang disediakan oleh museum ini sendiri. Tak jarang masyarakat tangerang yang menjadikan kawasan ini sebagai salah satu tempat prewedding di Semarang. Sebagai salah satu museum unik di Indonesia, keberadaan dari Museum ini pastinya akan semakin menambah panjang deretan lokasi wisata menarik di Semarang.

Gereja Blenduk

Wisata Sejarah Semarang
Gereja Blenduk

Tempat wisata sejarah di Semarang yang satu ini lebih condong pada nilai keagamaan. Gereja Blenduk yang berada tak jauh dari kawasan kota Tua Semarang merupakan salah satu tempat wisata religi di Indonesia yang cukup menarik untuk di kunjungi. Dilansir dari situs https://828bet.net/ Gereja yang sudah berdiri sejak tahun 1753 ini memang tak bisa di abaikan begitu saja. Selain karena fungsinya sebagai tempat peribadatan umat Protestan, juga dikarenakan faktor sejarahnya yang sangat berharga.
Sebagai salah satu tempat wisata di Semarang, maka tak mengherankan jika kawasan gereja yang satu ini selalu ramai dengan di kunjungi oleh para wisatawan. Mereka yang datang ke gereja ini bisa dikarenakan faktor kerohanian bisa juga dikarenakan faktor ingin melihat keindahan dari Gereja yang satu ini. Gereja Blenduk ini sendiri memiliki nama asli Koepelker, penamaan Blenduk ini sendiri berasal dari masyarakat sekitar yang melihat bentuk dari kubah Gereja ini.
Salah satu hal yang cukup bersejarah di dalam Gereja ini sendiri adalah keberadaan alkitab berbahasa belanda yang diterbitkan pada tahun 1948. Hal ini tentunya menjadi kebanggaan tersendiri yang cukup menyenangkan. Jika kalian berkunjung ke semarang, tak ada salahnya untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini.

Tugu Muda

Wisata Sejarah Semarang
Tugu Muda

Lokasi wisata yang satu ini merupakan salah satu lokasi dari beberapa destinasi wisata sejarah di Indonesia. Keberadaan tugu muda di Semarang ini merupakan wujud penghargaan masyarakat semarang kepada para pejuang yang telah gugur dalam pertempuran memperjuangkan kemerdekaan.
Tugu muda ini sendiri adalah perlambang dari semangat para anak muda semarang yang berjuang melawan penjajahan jepang. Perang lima hari di semarang yang berlangsung dari 14-19 Oktober 1945, ini merupakan salah satu sejarah penting yang dimiliki oleh rakyat semarang. Pembangunan tugu ini sendiri dimulai pada 28 oktober 1945, oleh Gubernur Jawa Tengah saat itu. Pembangunan dari tugu ini sendiri sempat mengalami beberapa kali penundaan.
Penundaan ini dikarenakan adanya halangan peperangan melawan sekutu dan jepang serta halangan dalam bidang pendanaan. Namun, akhirnya tugu ini sendiri berhasil di bangun dengan sempurna pada tahun 1951. Serta pada 20 Mei 1953 yang bertepatan dengan hari kebangkitan nasional, Tugu ini diresmikan sendiri oleh Bung Karno. Tak mengherankan memang jika akhirnya kawasan tugu ini menjadi salah satu spot foto di Semarang yang cukup terkenal.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *